BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Contoh Soal Prinsip Geografi

Sunday 12 May 20130 comments

Prinsip Geografi
  1. Prinsip persebaran, artinya gejala, fenomena geosfer di ruang muka bumi persebarannya sangat bervariasi. Contohnya tidak semua wilayah di Jawa Barat rawan longsor.
  2. Prinsip interrelasi, artinya bahwa antara komponen atau aspek-aspek lingkungan geografi senantiasa ada hubungan timbal balik atau saling keterkaitan satu sama lain. Misalnya, daerah rawan gempa sangat berkaitan dengan struktur geologi wilayah­nya.
  3. Prinsip deskripsi, merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi. Penjelasan tersebut dapat berupa uraian, peta, chart, tabel, grafik, citra, ataupun media lainnya. Misalnya, melalui peta dapat dilihat persebaran daerah rawan gempa Sumatra Barat.
  4. Prinsip korologi, merupakan gabungan ketiga prinsip di atas. Dalam prinsip ini gejala dan permasalahan geografi dianalisis persebarannya, interaksi dan interrelasinya dari berbagai aspek.
Contoh Soal Prinsip Geografi dapat kita temukan di Soal Ujian Nasional SMA/MA Tahun 2012 Pelajaran Geografi, Soal Nomor 1

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, wilayah pantai Barat Sumatera sudah beberapa kali diguncang gempa tektonik dan dilihat dari struktur geologinya wilayah tersebut berada di zona tumbukan lempeng.
Prinsip geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A.  prinsip persebaran
B.  prinsip distribusi
C.  prinsip interelasi
D.  prinsip deskripsi
E.  prinsip korologi

Pembahasan
Pada soal hanya mengungkapkan Pantai Barat Sumatra rawan gempa akibat posisinya di zona tumbukan lempeng. Jadi, prinsip yang digunakan adalah prinsip interrelasi.
Jawaban: C
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger