BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Mengidentifikasi Isi Biografi

Thursday 30 May 20130 comments

Mengidentifikasi Isi Biografi
Biografi adalah buku yang mengisahkan kehidupan seseorang. Kisah orang itu dibukukan karena ia memiliki keistimewaan-keistimewaan, misalnya dalam hal pemikiran, karyanya, dan kepemimpinannya.

Contoh Soal Mengidentifikasi Isi Biografi
Bacalah  paragraf  berikut
Chairil  Anwar  dilahirkan  di  Medan,  tanggal  26  Juli 1922.  Chairil  Anwar  adalah  tipe  pemuda  yang  suka membaca  dan  belajar  sendiri,  sehingga  tulisannya memiliki  kualitas  yang  sangat  tinggi.  Ia  pun  dikenal sebagai  pelopor  penyair  Angkatan  45.  Dari  esai-esai dan sajaknya, jelas sekali ia seorang individualis yang bebas.  Dengan  berani  dan  secara  demonstratif,  ia menentang  pula  sensor  Jepang  dan  ia  selalu  menjadi incaran Kempetai.(polisi rahasia Jepang).
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ....
A.  suka membaca dan belajar sendiri
B.  memiliki kualitas tulisannya
C.  menentang segala tekanan Jepang
D.  pelopor penyair Angkatan 45

Pembahasan
Cuplikan biografi tersebut berkisah tentang Chairil Anwar, seorang penyair. Ia merupakan sosok tokoh yang memiliki keistimewaan dalam hal tulisan-tulisan yang berkualitas.
Jawaban: B

Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger