BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Gaya Bahasa Puisi (Majas Puisi)

Sunday 2 June 20130 comments

Majas merupakan bahasa kias yang menimbulkan kesan indah bagi pembaca atau pendengarnya. Majas banyak sekali digunakan di dalam puisi. Hal itu terutama majas metafora, personifikasi, paralelisme, dan sebagainya.

Contoh Soal Gaya Bahasa Puisi (Majas Puisi)
Bacalah puisi berikut dengan saksama.
Saat itu
(1)  Saat mentari mulai terbit
(2)  Itulah awal aku mengenalmu dalam buku
(3)  Saat raja siang membakar
(4)  Itulah awal aku bersamamu
(5)  Saat hujan turun dengan lebat
(6)  Itulah saat aku mengkhawatirkanmu
(7)  Saat bintang bertabur dan bulan tersenyum
(8)  Itulah saat aku memikirkanmu
(9)  Saat malam semakin larut
(10)  Saat itulah aku merasa takut untuk kehilangan dirimu

Larik bermajas pada puisi tersebut adalah ....
A.  1 dan 2
B.  3 dan 7
C.  5 dan 8
D.  9 dan 10

Pembahasan
(3) Saat raja siang membakar.
(7) Saat bintang bertabur dan bulan tersenyum.
Kedua larik tersebut mengandung majas personifikasi. Adapun yang dimaksud dengan personifikasi adalah majas yang mengumpamakan benda mati bisa berbuat seperti halnya manusia.
Jawaban: B

Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger