BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Indikator Menulis Catatan Pengalaman pada Buku Harian

Thursday 6 June 20130 comments

Catatan harian berisi curahan hati atau pengalaman pribadi dari penulisnya. Yang diceritakannya bisa berkaitan dengan dirinya sendiri, orang lain, ataupun lingkungannya. Oleh karena itu, kata ganti yang digunakan adalah “aku”, “saya”.

Contoh soal Menulis Catatan Pengalaman pada Buku Harian
Perhatikan ilustrasi berikut!
Jumat pagi, Pak Rino baru saja membagikan hasil ulangan harian pelajaran bahasa Indonesia. Nadya yang sudah belajar sungguh-sungguh mendapat nilai yang sempurna. Akan tetapi, Lusi sahabatnya mendapat nilai sebaliknya. Lusi kelihatannya sangat kecewa. Melihat hal itu, Nadya berusaha menghibur dan kelihatannya berhasil.

Penulisan catatan harian Nadya sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
  1. Hari ini, aku senang sekali karena nilai ulangan bahasa Indonesiaku bagus. Lusi, sahabatku mendapat nilai buruk. Aku berusaha menghiburnya. Untungnya dia mau mendengarku.
  2. Aku mendapat nilai ulangan yang bagus sekali hari ini. Aku telah belajar habis habisan malam sebelumnya. Pak Rino dan Lusi, temanku sangat bangga karenanya.
  3. Pak Rino, guru bahasa Indonesiaku sangat bangga, karena aku mendapat nilai yang sempurna. Aku sangat senang. Lusi, sahabatku langsung memberiku ucapan selamat dan memberi semangat kepadaku.
  4. Lusi, sahabatku, langsung marah-marah kepadaku saat aku menerima hasil ulanganku hari ini. la kesal karena nilainya tidak berbeda jauh dariku. la kurang puas dengan penilaian dari Pak Rino, guru kami.

Pembahasan
Ilustrasi cerita adalah tentang Nadya yang mendapat nilai bagus pada ulangan bahasa Indonesia. Sementara itu, temannya Lusi bernilai jelek. Nadya sangat senang dengan nilainya itu. Kemudian, ia menghibur temannya itu dan usahanya berhasil. 
Dengan demikian, catatan harian yang sesuai adalah “… aku senang sekali…. Aku berusaha menghiburnya. Untungnya dia mau mendengarku.”
Jawaban: A
Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger