BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Menentukan Pesan/Amanat Cerpen

Monday 3 June 20130 comments

Amanat merupakan pesan yang terkandung di dalam suatu cerita. Amanat itu mudah dirumuskan setelah tema atau isi cerita itu sudah kita ketahui.

Contoh Soal Menentukan Pesan/Amanat Cerpen
Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Ah, kan cuma sehari! Papamu tentu tidak akan keberatan,” kata Linda. “Sehari juga tidak akan diizinkan,” kata Vera. “Aku jadi ragu, nih,” kata Mita. “Papamu benar punya telepon genggam? Janganjangan itu hanya karanganmu saja.” “Tentu saja Papa punya! Memangnya aku pembohong?” kata Vera melotot. “Yah, siapa tahu. Kita kan belum lihat buktinya. Betul, kan teman-teman?” Mita memandang yang lainnya. Dikerdipkannya sebelah matanya. “He-eh,” angguk Eko. “Jangan cuma omong saja. Buktinya mana?” Dipanas-panasi begitu, Vera menjadi tersinggung juga. “Baik, baik. Akan aku buktikan. Lihat saja nanti!” katanya. “Begitu dong!” senyum Mia. Dia senang sekali siasatnya berhasil.
Amanat cerita anak tersebut adalah ...
A.  Jangan berani meminjam milik orang tua!
B.  Jangan mudah terpancing siasat orang lain!
C.  Perlu mempengaruhi teman yang sombong!
D.  Kekayaan harus ditunjukkan kepada orang lain!

Pembahasan
Tema/Isi Cerita Amanat
Linda dan kawan-kawan mengerjai Vera untuk bisa meminjamkan telepon genggam papahnya. Siasat Linda itu tampaknya membuahkan kasil. Jangan mudah terpancing siasat orang lain.

Jawaban: B
Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger