BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Menyusun Kalimat Resensi

Saturday 8 June 20130 comments

Resensi (buku) adalah tulisan yang menjelaskan ke-unggulan dan kelemahan dari sebuah buku. Sebuah resensi harus lengkap, antara lain, memuat judul buku, nama pengarang, ketebalan, serta keunggulan dan kelemahan buku.

Contoh Soal Menyususn Kalimat Resensi
Cermatilah data buku berikut!
Judul             : Membangun Hunian Nyaman dan Hemat
Penulis         : Benazir Imam
Tebal             : 150 halaman + VIII
Keunggulan : - terdapat kalkulasi/estimasi dana pembangunan rumah
                       - terdapat gambar contoh-contoh rumah.
Kelemahan  : - warna-warna gambar rumah kurang menarik.

Berdasarkan data buku tersebut, paragraf resensi yang paling tepat adalah ...
  1. Buku karya Benazir Imam setebal 150 halaman ini memang sangat cocok untuk dibaca dan dimiliki para pasangan muda yang akan membangun sebuah rumah. Di dalamnya bisa kita lihat gambar contoh-contoh rumah disertai kalkulasi dana yang diperlukan. Satu hal yang kurang adalah warna contoh-contoh rumah terlihat kurang menarik. Namun, sekali lagi buku ini sangat bermanfaat untuk dimiliki terutama keluarga yang awam tentang pembangunan sebuah tempat tinggal.
  2. Buku setebal 150 halaman yang ditulis Benazir Imam ini berisi uraian bagaimana membangun rumah yang nyaman namun hemat. Kalkulasi/estimasi dana yang disertakan turut memperkuat uraian itu. Gambar contoh-contoh rumah memang kurang menarik. Oleh karena itu, buku ini kurang layak dibaca terutama oleh pasangan muda yang ingin segera memiliki hunian.
  3. Buku karya Benazir Imam ini berisi bagaimana membangun rumah lengkap dengan kalkulasi estimasi dana yang diperlukan. Gambar-gambar contoh rumah yang ada pada buku setebal 150 halaman ini sangat terlihat menarik dan membuat orang tergugah untuk segera memiliki rumah. Oleh karena itu, buku ini sangat pantas dibaca.
  4. Buku setebal 150 halaman ini berisi uraian pembangunan rumah sederhana nan murah. Kalkulasi/estimasi dana yang disertakan turut membuktikan uraian itu. Gambar contoh-contoh rumah disajikan dalam warna-warna yang pas dan menarik. Tak salah apabila buku ini layak dimiliki.

Pembahasan
Isi resensi yang paling lengkap dan sesuai dengan data bukunya adalah “Buku karya Benazir Imam setebal 150 halaman….”
Jawaban: A
Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger