BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Soal Melengkapi Surat Pembaca

Sunday 9 June 20130 comments

Surat pembaca lazim ditemukan di dalam surat kabar ataupun majalah. Isinya mungkin berupa saran, protes, keluhan, pujian, atau ucapan terima kasih kepada pihak-pihak tertentu.

Contoh Soal Melengkapi Surat Pembaca
Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Minggu, 21 Mei 2011 saya naik taksi Budaya.
Dompet saya tertinggal di taksi tersebut karena saya terburu-buru turun. Lima jam kemudian saya ditelepon oleh perusahaan taksi tersebut. Suara penelepon memberi tahu bahwa dompet saya ada di kantor tersebut.
[...] Semoga karakter seperti ini dicontoh oleh perusahaan taksi lain.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah ...
A.  Manajemen seperti ini membuat semua supir taksi merasa nyaman.
B.  Manajemen perusahaan tersebut sungguh telah menerapkan karakter jujur.
C.  Setiap perusahaan taksi selalu menjalani pelayanan prima.
D.  Setiap supir taksi senantiasa mengecek kondisi penumpang.

Pembahasan
Ilustrasi tersebut menunjukkan rasa senang atas sikap jujur perusahaan taksi. Dengan demikian, kalimat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut berupa pujian, yakni “Manajemen perusahaan tersebut sungguh telah menerapkan karakter jujur.”
Jawaban: B
Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger