BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Tes Analogi Secara Online

Friday 19 July 20131comments

Tes Analogi adalah suatu proses penalaran dengan menggunakan perbandingan dua hal yang berbeda dengan cara melihat persamaan dari dua hal yang diperbandingkan tersebut sehingga dapat digunakan untuk memperjelas suatu konsep.

Yang paling penting dalam menghadapi soal Tes Analogi adalah menemukan kata kunci atau hubungan KHUSUS/UNIK dari dua atau lebih kata yang diberikan. Semakin KHUSUS atau SPESIFIK, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai. Jika hubungan bersifat terlalu umum, maka alaternatif jawaban biasanya masih sulit untuk ditentukan yang paling tepat.

Contoh Soal Tes Analogi
KAKA TUA : MERPATI.
a. gajah : semut
b. elang : kupu-kupu
c. gurame : kakap

Jika kita menentukan bahwa hubungannya adalah SAMA-SAMA BINATANG, maka itu masih bersifat terlalu umum. Artinya, jika ada pilihan jawaban gajah:semut, elang:kupukupu, gurame:kakap, dsb maka semua bisa benar karena mereka sama-sama binatang. Tapi cobalah anda pilih hubungan yang lebih khusus, misal kaka tua:merpati adalah sama-sama burung, maka jawaban yang tepat adalah gurame:kakap yaitu sama-sama ikan.
Jika telah menemukan hubungan kata tetapi masih bingung, maka buatlah kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan hubungan analogi yang ada. Hubungan kata harus mempunyai urutan yang sejalan/searah dengan soal.

Untuk Memulai latihan Tes Aanalogi Secara Online klik link dibawah ini..

Jika anda telah berhasil mengerjakan latihan Tes Analogi di atas, ada baiknya anda mencoba Tes Analogi lainnya, tentunya lebih sulit dari soal di atas.
Untuk memulai Tes Analogi lainnya silahkan klik link dibawah ini...
Share this article :

+ comments + 1 comments

29 July 2013 at 03:00

sangat membantu skali soal soal online ini,, akan tetapi saya harap akan ada update trbaru dari soal2 ini,, agar tidak monoton dengan soal soal lama.terimakasih

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger