BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Tes Kemampuan Verbal Secara Online

Thursday 23 May 20131comments

Tes kemampuan verbal merupakan salah satu jenis tes kemampuan (ability test). Tes kemampuan verbal mengukur kemampuan seseorang akan penguasaan bahasa verbal. Penguasaan bahasa verbal itu antara lain tes padanan kata (sinonim), lawan kata (antonim), tes padanan hubungan kata (tes analogi verbal), tes melengkapi kalimat (missing words test) dan lain-lain.

Tes kemampuan verbal biasanya diberikan sebuah informasi dan peserta tes diminta untuk melihat keserasian hubungan antara informasi dan jawaban yang akan diberikan. Tes kemampuan verbal ini digunakan untuk mengukur sampai dimana kemampuan peserta tes menggunakan bahasa verbal, yang biasanya untuk memprediksi keberhasilannya dimasa yang akan datang.

Tes kemampuan verbal juga mengandung arti suatu penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menfungsikan bahasa efektif apa yang dikenal sebagai bahasa baku. Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang untuk memahami konsep-konsep dibingkai dalam kata-kata, kemampuan seseorang untuk menemukan kesamaan di antara konsep-konsep yang berbeda dan untuk memanipulasi ide-ide pada tingkat abstrak. Sebagian besar employer yang menggunakan tes bakat dalam proses seleksi akan mencakup tes penalaran verbal karena ada beberapa pekerjaan yang sangat tidak memerlukan kemampuan untuk memahami, menganalisis dan menginterpretasikan informasi tertulis.

Sampai saat ini, Sebagian besar perusahaan menggunakan tes kemampuan verbal, apalagi untuk posisi-posisi yang diharapkan menguasai konsep berbahasa. Tetapi tidak sampai disitu saja, jabatan-jabatan yang membutuhkan logika, juga biasa menggunakan tes kemampuan berbahasa (logika bahasa). Jadi penggunaan tes kemampuan verbal ini sangat luas dalam lingkungan perusahaan.

Nah.. untuk menguji kemampuan kita dalam menghadapi Tes Kemampuan Verbal saya sediakan soal latihan yang dapat kita kerjakan secara online. Soal ini saya ambil dari situs marketing-buku.com.
Sebelem memulai mengerjakan soal ini, ada baiknya kamu baca dulu petunjuk pengerjaan soal Tes Kemampuan Verbail ini secara teliti.

BAGIAN 1: PADANAN KATA
Petunjuk:
Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 10 masing-masing soal terdiri atas satu kata yang dicetak dengan huruf besar (huruf kapital) diikuti lima kemungkinan jawaban. Pilihlah satu jawaban yang mempunyai arti sama atau paling dekat dengan arti kata yang dicetak dengan huruf kapital dengan cara klik radio button disamping kiri pilihan jawaban.




BAGIAN 2: LAWAN KATA
Petunjuk:
Untuk nomor 1 sampai dengan nomor 10 masing-masing soal terdiri atas satu kata yang dicetak dengan huruf besar (huruf kapital) diikuti lima kemungkinan jawaban. Pilihlah satu kemungkinan jawaban yang mempunyai arti yang berlawanan dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital dengan cara klik radio button disamping kiri pilihan jawaban.



Soal TES BAKAT SKOLASTIK dan TPA Klik Link Dibawah Ini
Share this article :

+ comments + 1 comments

23 June 2013 at 20:01

makasssih yah :)

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger