BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Soal Menentukan Rangkuman Bacaan

Wednesday 19 June 20130 comments

Rangkuman merupakan tulisan pendek/ringkas dari bacaan lainnya yang jauh lebih panjang. Rangkuman harus menggambarkan keseluruhan dari isi bacaan sebelumnya. Oleh karena itu, rangkuman memuat pokok-pokoknya saja.

Contoh Soal Menentukan Rangkuman Bacaan
Bacalah kutipan bacaan berikut!
Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional pada namanya wajib melepaskan embel-embel tersebut. Peraturan yang mewajibkan hal itu berlaku mulai Agustus 2010.
Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien. Padahal kelangsungan hidup mereka bergantung pada rumah sakit.

Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah ...
  1. Kewajiban melepaskan kata internasional pada nama rumah sakit dimaksudkan untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien.
  2. Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional wajib melepaskan embelembel tersebut.
  3. Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien rumah sakit berlabel internasional.
  4. Pelepasan kata internasional pada sejumlah rumah sakit penting karena kelangsungan hidup pasien ada pada rumah sakit.

Pembahasan
Bacaan itu mengandung dua hal pokok:
a.  kewajiban rumah sakit untuk melepaskan embel-embel internasional, dan
b.  perlunya menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien. Dengan demikian, rangkumannya adalah kewajiban melepasan kata internasional pada nama rumah sakit dimaksudkan untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien.
Jawaban: A
 Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger