BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Soal Unsur-unsur Berita

Wednesday 19 June 20130 comments

Sebuah berita haruslah lengkap. Berita yang lengkap memuat unsur apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.

Contoh Soal Unsur-unsur Berita
Perhatikan ilustrasi berikut!
Tanggal 31 Juli 2011 warga kota Semarang menyemarakkan acara Dugderan pukul 06.00. Acara pawai budaya anak TK sampai SMP dipusatkan di Simpang Lima. Pukul 13.00 pawai kendaraan hias dari Balai Kota ke Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Kegiatan ini mengawali bulan Ramadan.

Paragraf berita yang tepat dari ilustrasi tersebut adalah ...
  1. Semarang, 31 Juli 2011 Dugderan dilaksanakan mulai pukul 06.00. Acara itu untuk mengawali bulan Ramadan tahun ini dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Kegiatan ini diisi dengan pawai budaya menuju Balai Kota dari Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung, Jawa Tengah.
  2. Acara budaya Dugderan di Semarang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2011. Kegiatan yang mengawali bulan Ramadan tahun ini dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Dugderan tahun ini diisi dengan pawai budaya.
  3. Semarang (31/7) Walikota Semarang memimpin langsung acara budaya Dugderan. Kegiatan budaya ini diisi dengan pawai budaya dari TK hingga masyarakat umum. Kegiatan dimulai pukul 06.00 dan secara resmi dibuka pukul 13.00
  4. Semarang (31/7) Dugderan mengawali bulan Ramadan dilaksanakan mulai pukul 06.00, dengan acara pawai budaya siswa TK, SD, dan SMP yang dipusatkan di Simpang Lima. Kegiatan inti dilaksanakan pukul 13.00 yang dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Kegiatan ini diisi dengan pawai kendaraan hias dari Balai Kota ke Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung, Jawa Tengah.

Pembahasan
Unsur-unsur berita yang lengkap menurut ilustrasi tersebut adalah sebagai berikut.

No. Unsur Berita
1. Apa peristiwanya? Acara Dugderan, acara pawai budaya siswa TK, SD, SMP
2. Siapa yang mengalaminya? Warga Kota Semarang/Wali Kota Semarang
3. Kapan terjadi peristiwa itu? 31 Juli 2011, pukul 06.00-13.00
4. Di mana terjadi peristiwa itu? Semarang.
5. Bagaimana proses berlangsungnya peristiwa itu? Diisi dengan pawai budaya menuju balai kota dari Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung.
6. Mengapa peristiwa itu terjadi? Untuk mengawali bulan Ramadan.

Jawaban: D
 Soal ini diambil dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs. Untuk menghadapi Ujian Sekolah, Ujian Nasional Anda perlu Buku Referensi Menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger