BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Kalimat Utama

Friday 10 May 20130 comments

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama atau gagasan pokok paragraf. Kalimat utama pada umumnya terletak pada bagian awal paragraf. Ada pula yang berada pada bagian akhir paragraf. Kalimat utama bersifat merangkum atau mewakili keseluruhan isi paragraf.

Contoh Soal Kalimat Utama
Dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA 2012

Bacalah dengan cermat!
(1)  Penelitian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh 21 perusahaan menemukan AMDK gelas yang tidak layak minum. (2) Selain itu, ada yang layak minum, tetapi dengan catatan habis dicermati lagi proses produksinya. (3) Jika tidak, ia bisa menjadi tak layak minum. (4) Penelitian YLKI ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya AMDK gelas yang tercemar karena bocor dan ditemukannya nomor register yang berbeda-beda dalam satu dus. (5) Bahkan, ada AMDK yang kandungan koloninya jauh melebihi SNI sementara tanggal kedaluwarsa AMDK tersebut masih satu tahun lebih.  

4.   Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)
E.  (5)

Pembahasan
Kalimat utama paragraf itu terletak pada bagian awal paragraf, yakni dinyatakan dengan nomor (1). Kalimat tersebut merangkum atau menyatakan hal umum tentang isi paragraf itu, yakni tentang hasil penelitian YLKI yang menemukan bahwa AMDK gelas tidak layak minum.
Jawaban: A
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger