BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Menentukan Ide Pokok Paragraf

Friday 10 May 20130 comments

Ide pokok merupakan ide yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Ide pokok sering pula disebut gagasan pokok, pikiran pokok, atau gagasan utama. Ide pokok pada umumnya terletak pada awal paragraf. Namun, ada pula yang letaknya di akhir atau  pun di tengah paragraf.
menentukan ide pokok paragraf

Contoh Soal
dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA 2012

Bacalah Paragraf berikut dengan cermat!
(1)  Ratusan batu nisan berderet di Punggungan Dughla, 4.830 meter dari permukaan laut itu memuat nama pendaki puncak gunung itu. (2) Kabut tipis menyamarkan nama-nama yang dipahat di batu itu. (3) Berada di jalur utama pendakian Gunung Everest, deretan nisan tanpa jasad itu mencekam setiap pendaki yang hendak menjajal puncak tertinggi bumi. (4) Nama-nama itu adalah mereka yang hilang atau tewas di Everest sejak gunung ini pertama kali didaki. (5) Scott Fischer salah satu nama legende yang dipahatkan di batu nisan itu tewas bersama tujuh pendaki lain dalam tragedi Mei 1996.

1.    Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A.    batu nisan tanpa jasad
B.    tewasnya tujuh pendaki
C.    kabut tipis di Gunung Everest
D.    pendakian pertama Gunung Everest
E.    deretan batu nisan di Gunung Everest

Pembahasan
Cermati langsung kalimat pertamanya. Di sanalah pada umumnya ide pokok itu berada. Seperti halnya pada paragraf tersebut, ide pokoknya terletak pada awal paragraf, yakni tentang “deretan batu nisan di Gunung Everest”.
Jawaban: E 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger