BELI BUKU DI TOKOPEDIA.COM

Menentukan Opini dalam Paragraf

Friday 10 May 20130 comments

Kalimat opini adalah kalimat yang menyatakan pendapat, kesan, atau tanggapan atas suatu hal. Suatu opini memungkinkan terjadinya perbedaan antara orang yang satu dengan orang lainnya. Hal itu berbeda dengan fakta yang bersifat ajeg, terdapat kesamaan pandangan.

Contoh Soal 
Dari Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA 2012

Bacalah dengan cermat!
(1)  Ratusan batu nisan berderet di Punggungan Dughla, 4.830 meter dari permukaan laut itu memuat nama pendaki puncak gunung itu. (2) Kabut tipis menyamarkan nama-nama yang dipahat di batu itu. (3) Berada di jalur utama pendakian Gunung Everest, deretan nisan tanpa jasad itu mencekam setiap pendaki yang hendak menjajal puncak tertinggi bumi. (4) Nama-nama itu adalah mereka yang hilang atau tewas di Everest sejak gunung ini pertama kali didaki. (5) Scott Fischer salah satu nama legende yang dipahatkan di batu nisan itu tewas bersama tujuh pendaki lain dalam tragedi Mei 1996.

2.   Kalimat yang merupakan opini dalam paragraf tersebut adalah nomor ....
A.   (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.   (4)
E.   (5)

Pembahasan
Kalimat yang mengandung pendapat biasanya menggunakan kata-kata yang bersifat subjektif, seperti mencekam, menyakitkan. Hal tersebut seperti yang tampak pada kalimat “Berada di jalur utama pendakian Gunung Everest, deretan nisan tanpa jasad itu mencekamsetiap pendaki yang hendak menjajal puncak tertinggi bumi”.
Jawaban: C
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Soal dan Pembahasan | Kumpulan Soal | Pembahasan Soal
Copyright © 2011. SOAL DAN PEMBAHASAN - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger